oleh

Sosok Iptu Santi Dibalik Pengungkapan Sindikat Narkoba Jenis Shabu 310 Kg

ZONALINENEWS.COM – JAKARTA, Dalam pengungkapan Narkoba jenis sabu seberat 310 Kg di Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat dan Hotel N1, Petamburan, Jakarta Pusat pada Sabtu 8 Mei 2021 ada sosok Srikandi Polres Metro Jakarta Pusat yaitu Kanit 3 Narkoba Iptu Dewa Ayu Sandi Wiranti Rendang.



Dia merupakan satu-satunya Polwan yang ikut bersama Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat saat mengungkap 310 Kg.



Santi masuk Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 2010 dari Polda Bali dan ia merupakan putri asli Daerah Bali.

Mengenyam pendidikan selama 3 tahun 6 bulan, Santi akhirnya lulus pada tahun 2013 bersama ratusan siswa Akpol lainnya.

“Setelah lulus, saya lanjut Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK). Selesai dari situ pada 2014 saya kemudian ditempatkan di Polda Metro Jaya,” kata Santi kepada wartawan, Selasa 11 Mei 2021.

Dua tahun di Polda, Santi kemudian ditempatkan di Polres Metro Jakarta Pusat sebagai Kasubnit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA).

Hingga kurang lebih 2 tahun di PPA, Santi mendapat promosi sebagai Kanit Ranmor Polres Metro Jakarta Pusat.

“Di Ranmor kita ungkap pelajar yang mau tawuran saat SOTR bulan puasa. Selama satu tahun saya jadi Ranmor dan akhir Tahun 2019 Kanit Reskrim Polsek Kemayoran selama beberapa bulan saja,” ucap dia.

Di awal 2020 lalu, ia mendapat tugas baru sebagai Kanit Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat Unit 3 dan dia di sini merasakan adrenaline pengungkapan yang berbeda.

Sebab, ia adalah seorang wanita yang harus meninggalkan anak dan suaminya demi menyelamatkan generasi penerus bang dari peredaran narkoba.

“Awal 2020 saya jadi Kanit Narkoba,” tutur dia.

Ungkapan Narkoba Yang Berkesan

Meski Santi merupakan seorang perempuan, tapi kemampuan Santi jangan di ragukan dalam memberantas peredaran narkoba.

Hal itu dibuktikan dari ungkapan pertamanya ketika ia baru beberapa bulan menjabat sebagai Kanit, mengungkap Home Industri Gorila Sintetis dalam bentuk Vape ukuran 5 mili, di Jati Asih, Bekasi.

“Itu informasi dari masyarakat, akhirnya dapat Home Industri Gorila Sintetis 2020 lalu,” ucap dia.

Kemudian, dari ungkap itu ia kembali mengungkap berbagai jenis narkoba lainnya seperti Sabu mulai dari ukuran 3 Kg, 5 Kg sampai puluhan kg.

Kemudian di tahun 2021 tepatnya dari awal Bulan Februari, ia bersama Satuan Reserse Narkoba dan menjadi Polwan satu-satunya ikut dalam pengungkapan 310 Kg.

Disitu ia sangat bangga karena banyak ilmu yang didapat dari para Senior dan anggota lapangan dalam mengungkap peredaran narkoba.

“Pertama saya kaget jujur aja, terharu juga dan kebetulan saya satu-satunya perwira Polwan yang ikut dengan Tim dan banyak belajar dari pak Kasat serta senior-senior saya, ternyata begini, berhari-hari menyelidiki dengan proses panjang,” tegas dia.

Membagi Waktu Dengan Suami dan Anak

Polwan berparas cantik ini ternyata sudah memiliki suami dan seorang anak berusia 3,5 tahun.

Beruntung, kata Santi suami dan anaknya ini sangat mengerti dengan pekerjaan sebagai anggota Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat yang jarang pulang demi menggagalkan peredaran narkoba.

“Suami saya itu sangat mendukung pekerjaan saya. Jadi ketika saya jadi Kanit narkoba, dia dukung, ‘Ayo prestasi’. Dia juga sabar,” tegas Santi.

Terlebih komitmen dari semasa pacaran sudah dipegang teguh oleh Santi maupun sang suami, bahwa masing-masing darinya memiliki jalan karirnya tersendiri.

Selain itu, anaknya selalu diberikan pengertian kalau ibunya adalah sosok seorang Polisi Wanita (Polwan) yang sering menangkap penjahat.

Sehingga dengan bahasa-bahasa seperti itu, sang anak sudah terbiasa ditinggal olehnya untuk bertugas.

“Kadang dia juga nanya, kok hari Sabtu Minggu kerja, tapi setelah kita jelaskan, dia langsung mengerti ‘mama kerja tangkap penjahat’ (Santi meniru suara anaknya). Jadi saya sangat bersyukur memiliki anak dan suami yang sangat mengerti pekerjaan saya,” tandasnya. (*una)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed