oleh

Polisi Ungkap Pelaku Pembuangan Bayi di Amarasi Timur

Zonalinenews-Kupang,- Senin 10/05/2021, Polres Kupang menggelar konferensi pers terkait dengan pengungkapan kasus pembuangan bayi di desa Oebesi, kecamatan Amarasi Timur, kabupaten Kupang pada tanggal 21 April 2021.

Dalam jumpa pers tersebut Kapolres Kupang AKBP Aldinan R.J.H Manurung SH.,S.I.K.,M.Si didampingi Kasat Reskrim Polres Kupang, Nofi Posu, SH., S.I.K menjelaskan tersangka AP berjenis kelamin perempuan terbukti dengan sengaja melakukan tindakan pidana melanggar hukum dengan membunuh bayi yang baru saja dilahirkan.

Menurut Kapolres Hal itu terjadi karena sang ibu panik dan ketakutan dengan hadirnya seorang bayi akibat hubungan gelap dengan tetangganya yang berinisial OS.

“Pada tanggal 21/04/2021 tersangka AP melahirkan kemudian bayi tersebut dibuang ke tengah hutan dekat rumah dan pada besok paginya masyarakat menemukan seorang bayi dengan kondisi yang tidak utuh lagi akibat digigit anjing,” tutur Kapolres.

Setelah menerima laporan kata Kapolres pihaknya langsung melakukan olah TKP dan pemeriksaan saksisaksi akhirnya bukti mengarah ke saudari AP sebagai tersangka.

Berdasarkan pengakuan tersangka, hal itu dilakukannya karena ketakutan dan untuk menutupi aibnya, sebelumnya AP berusaha untuk melakukan aborsi secara tradisional dengan mendatangi dukun beranak.

Untuk penanganan lebih lanjut pihaknya mendalami kasus ini karena melibatkan beberapa orang seperti dukun beranak akan dilakukan penyidikan mendalam.

Sanksi yang dikenakan berlapis yakni sesuai UU Perlindungan Anak No.23 tahun 2002 dengan ancaman hukuman penjara 15 tahun penjara dan pasal 341 membunuh biasa dan 342 KUHP karena melakukan pembunuhan secara berencana dengan ancaman hukumannya diatas 5 tahun penjara.

“Adapun barang bukti yang berhasil diamankan oleh petugas yakni 1 buah jerigen kecil yang digunakan tersangka AP untuk mengisi cairan yang diberikan oleh dukun beranak dan daster beserta pakaian dalam yang digunakan saat melahirkan,”tutup Aldinan.( Yermia Nenohai)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed