oleh

Jelang Idul Fitri, Karantina Pertanian Ende Gelar Operasi Patuh

Zonalinenews.Ende – Kurang dari sembilan hari lagi masyarakat muslim di dunia akan merayakan hari raya idulfitri. Kebutuhan komoditas pertanian seperti daging, telur, buah, bumbu dapur, dan sayuranpun meningkat. Melalui operasi patuh Karantina Pertanian Ende ikut menjamin setiap komoditas yang dilalulintaskan telah diperiksa dan dipastikan kesehatannya untuk di konsumsi.

Senin (03/05/21) malam, Karantina Pertanian Ende bersama instansi terkait melakukan kegiatan operasi patuh karantina jelang idulfitri di Pelabuhan Soekarno, Ende.

Diawali dengan apel yang dipimpin langsung Kepala Karantina Pertanian Ende, Kostan .

Tim Karantina Pertanian Ende mulai dari bidang pengawasan dan penindakan (Wasdak) beserta tim teknis karantina hewan dan tumbuhan serta instansi terkait menggelar operasi patuh.

“Guna memperketat pengawasan terhadap lalu lintas komoditas pertanian dari Surabaya yang akan tiba sebentar lagi dengan KM. Niki Sejahtera ,” ujar Kostan kepada zonalinenews.

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan implementasi dari Undang-undang No 21 Tahun 2019 tentang karantina hewan, ikan, dan Tumbuhan pasal 82 yakni melakukan kegiatan patroli dan penindakan non yudisial,” tambah Kostan.

Ditempat yang sama Koordinator Kewasdakan Andreas Dewa mengatakan bahwa kegiatan ini guna menertibkan pengguna jasa agar melaporkan komoditas pertanian yang dibawa. Serta mencegah agar tidak adanya komoditas yang dilalulintaskan tanpa dokumen karantina.

“Kami mengapresiasi terhadap kegiatan yang diselenggarakan Karantina Pertanian Ende ini, karena keamanan Pulau Flores dari hama penyakit yang dapat masuk dan menyebar dapat di cegah,” tutur Irwan perwakilan dari Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Pelabuhan Soekarno, Ende.

Selama kegiatan berlangsung didapati beberapa komoditas pertanian tanpa dokumen karantina dari daerah asal. Dan terhadap komoditas dilakukan penahanan serta pembinaan kepada pengguna jasa.

Hadir dalam kegiatan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi Republik Indonesia (POLRI), Intelejen Panglima Komando Daerah Militer (INTEL PANGDAM), Intel Badan Intelejen Strategis (Intel BAIS), Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Komando Resort Mileter (KOREM)Pelabuhan Indonesia (PELINDO), dan Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Kabupaten Ende.(Oby Tani*)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed