oleh

Pompa Hidram Solusi Air Bersih Bagi Warga Lelogama

Zonalinenews.com- Kupang,- Warga mayarakat Lelogama yang selama ini kesulitan mendapatkan air bersih di musim kemarau, kini dapat terbantu dengan hadirnya mesin pompa hidram.

Penggunaan pompa hidram ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan akan air bersih di wilayah tersebut, mengingat setiap kali musim kemarau datang, warga setempat sangat kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat kepada awak media usai Peresmian Instalasi air bersih Pompa Hidram di Wilayah Korem 161/Wira Sakti, Kamis (25/02/2021) di Kelurahan Lelogama Kecamatan Amfoang Selatan Kabupaten Kupang mengatakan pompa hidram ini merupakan salah satu solusi air bersih bagi warga, serta berharap teknologi sederhana ini dapat memberikan manfaat bagi warga saat musim panas tiba.

“Hari ini kita hadir di tempat ini untuk bersama-sama menyaksikan bagaimana tekhnologi sederhana yang dikembangkan oleh TNI ( Pangdam IX/Udayana-red) mampu memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat. Air adalah masalah yang sangat mendasar di NTT, wikalah kita masih sangat membutuhkan ketersediaan air, apalagi di musim kemarau yang panjang masih banyak warga yang keseulitan untuk mendapatkan sangat air,”ujar Viktor Bungtilu Laiskodat.

Sementara itu Tokoh Adat Lelogama, Yafed William Bayu menyampaikan terima kasih kepada TNI yang telah memberikan dukungan untuk membantu masyarakat yang selama ini kesulitan air.

“Selama ini salah satu kendala kami adalah masalah air, dimana sumber airnya berada di bawah pemukiman. Tetapi hari ini kami bisa melihat lewat pompa ini, air bisa mengalir ke atas sehingga kami bisa menghemat tenaga kami untuk mengambil air yang lumayan jauh, ini salah satu kondisi luar biasa bagi kami,” jelas Yafed William Bayu.

Vikto Laiskodat yang didampingi Bupati Kupang, Korinus Masneno serta Danrem 161 Wira Sakti Kupang Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya di akhir wawancaranya mengatakan teknologi pompa hidram ini merupakan sebuah terobosan yang sangat berguna bagi masyarakat NTT. Dimana Pemerintah Daerah bersama TNI dan masyarakat akan berkolaborasi untuk membuat pompa hidram yang lebih banyak lagi, sehingga masyarakat NTT bisa merasakan manfaatnya.

“Sampai Tahun 2023, 1000 Desa kita selesaikan pembangunan Pompa Hidram. Nanti bekerja sama masyarakat desa dengan TNI,lalu anggarannya datang dari Pemerintah Provinsi dan Kabupaten,”tutup Gubernur NTT.(*RR)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed