oleh

Maling Bobol Brankas Dinas Pertanian Kabupaten Nagekeo

Zonalinenews.com-Nagekeo,- Brankas milik Dinas Pertanian kabupaten Nagekeo dibobol oleh oknum yang diduga dibobol maling.

Kejadian pembobolan brankas dinas pertanian kabupaten Nagekeo, persis di ruangan Sekretariat dinas Pertanian, diperkirakan terjadi malam hari, antara hari Sabtu 20 Februari 2021 malam atau Minggu, 21 februari 2021 malam.

Kejadian itu baru diketahui pihak dinas pada, Senin 22 Februari 2021 pagi, ketika salah seorang pegawai yang bertugas pada instansi terkait merasa curiga dengan kondisi ruangan yang dilihatnya sedikit berantakan dan ketika diamatinya, ia melihat ventilasi jendela dalam keadaan telah dirusaki.

Melihat kondisi tersebut Ia lantaran memberitahu rekannya yang lain dan ketika diperiksa mereka menemukan kondisi brankas milik dinas pertanian kabupaten Nagekeo dalam kondisi telah dirusaki.

Walau demikian tidak ada kerugian yang dialami pihak dinas karena tidak ada barang berharga atau sejenisnya yang dibawa pergi oleh pelaku, selain kondisi brankas yang telah rusak akibat upaya pembobolan yang telah dilakukan pelaku.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian kabupaten Nagekeo, Oliva Monika Mogi menjelaskan bahwa brankas yang dibobol tersebut berisikan dokumen-dokumen penting milik instansi dan tidak ada uang tunai yang disimpan didalamnya karena transaksi yang diberlakukan dinas selama ini adalah transaksi elektronik.

Menurutnya ditengah setuasi Pandemi Covid-19, motif pembobolan brankas milik dinas pertanian kabupaten Nagekeo adalah mencuri uang yang disangka tersimpan dalam brankas itu, pasalnya tidak ada barang lain yang dibawa pelaku kecuali upaya membobol brankas tersebut.

Ia juga menduga pelaku adalah orang yang telah mengetahui persis situasi atau kondisi di dinas pertanian, hal itu terbukti ventilasi udara yang dibuka pelaku untuk melancarkan aksinya persis berada dibawa brankas tersebut.

“Saran mereka adalah uang dan brankas dan kayaknya ini adalah orang-orang yang sudah biasa dan dia tau maka sasarannya langsung di brankas,” terang kadis pertanian di ruang kerjanya Senin, 22 Februari 2020
.

Upaya dinas pertanian kabupaten Nagekeo dalam menyikapi hal tersebut adalah meningkatkan pengamanan di instansi tersebut dan akan melaporkan peristiwa pembobolan brankas dinas pertanian kabupaten Nagekeo ke pihak Kepolisian untuk diselidiki lebih lanjut terkait hal itu.

“Nanti kita tingkatkan pengamanan dan penjagaan malam harus ketat. kita tidak tau hari ini mungkin sasarannya uang, besok-besok yang lain. nanti kita akan laporkan peristiwa ini ke polisi,” tutur Kadis Pertania Kabupaten Nagekeo.

Tinus Keli, (55), petugas penjaga malam pada dinas pertanian kabupaten Nagekeo mengungkapkan bahwa hal ini baru pertama kali terjadi di instansi tersebut, sejak awal pengabdiannya menjadi penjaga keamanan di dinas pertanian yang dimulainya pada tahun 2007 silam.

Tinus menilai ada yang aneh dari perisitiwa pembobolan brankas milik dinas pertanian ini,dan menduga bahwa aksi tersebut dilakukan oleh orang dalam dengan tujuan menghilangkan dokumen yang tersimpan dalam brankas dinas pertanian kabupaten Nagekeo.

Tinus mengungkapkan bahwa jika yang bersangkutan benar-benar memiliki niat mencuri seharusnya iapun juga menggasak barang lain yang ada didalam kantor tersebut.

“Sejak tahun 2007 saya kerja disini, ini baru pertama kali terjadi, saya curiga ini ada orang dalam, jika mereka niat curi seharusnya mereka juga ambil laptop dan printer, tapi mereka cuma fokus di brankas yang ada dokumen di dalamnya. mungkin mereka mau jebak saya, tidak apa-apa,”ujarnya. (*Nasan Kua)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT