oleh

Kebocoran Pipa Pemicu Kelangkaan Air Bersih di Kota SoE

Zonalinenews-TTS,- Kelangkaan air bersih bagi pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sering diresahkan masyarakat kota SoE kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) NTT, salah satu faktor penyebabnya adalah kebocoran atau patahnya pipa distribusi.

Pantauan Zonalinenews di lokasi seputaran pasar Inpres SoE, Selasa 09 Februari 2020, karyawan PDAM SoE sementara menggali salah satu titik bocornya pipa yang terletak di bawah bangunan toko.

Salah satu teknisi PDAM SoE, Anton Raja mengutarakan, pipa distribusi yang terpasang saat ini sudah termakan usia.

“Pipa-pipa ini pemasangannya sejak tahun 1984 sehingga telah termakan usia,”tutur Anton.

Dijelaskan Anton, sulitnya mengontrol pipa-pipa tersebut karena berada di bawah bangunan atau di dalam pondasi bangunan rumah maupun toko yang berjejer sehingga bila terjadi kebocoran pipa, sulit dideteksi.

ia menambahkan galian yang sementara dilakukan saat ini atas informasi masyarakat, dimana ketika hendak menggali tanah untuk tujuan pembuatan bak tampungan air di dapati munculnya air seperti mata air.

“Atas peristiwa itu, masyarakat kemudian melaporkan ke PDAM untuk turun dan melakukan analisa apakah sumber air tersebut berasal dari pipa yang bocor,” jelas Anton.

Setelah dilakukan pengecekan kata Anton, dan setelah menggali lintasan pipa ditemukan sumber kebocoran pipa.

“Entah sudah berapa lama hal ini terjadi. hal ini salah satu faktor penyebab sering terjadinya kemacetan distribusi air ke rumah warga masyarakat,”ungkap Anton.(*Elli)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed