oleh

Detusoko Barat MOU dengan Universitas Flores, Soal Pemberdayaan Masyarakat Desa

Zonalinenews,Ende,- Detusoko Barat MOU Dengan Universitas Flores untuk Pengembangan Dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa ,Kamis(25/02/21).

Ketua yayasan unversitas Flores, Laurentius D. Gadi Djou dalam sambutan mengatakan bahwa pemberdyaan masyarakat desa suatu yang sangat mendasar, Pemberdyaan masyarakat kuncinya adalah kerjasama dan kerja keras. Universitas Flores mendukung penuh dan siap berkerjasama dengan pemerintah desa dan masyarakat Detusoko Barat untuk pemberdayaan masyarakat Desa.

Dikatakannya, Universitas Flores teridir 7 fakultas dan 16 program studi, siap mendukung penuh untuk aneka program di Desa, sesuai dengan tupoksi.

“Progrman pemberdayaan disesuiakn dengan kebutuhan di Desa,” Tambah Gadi Djou.

Ia menegaskan jangan selalu berorientasi utama adalah uang, Uang belakangan yang utama ada membagi Ilmu, istilahnya kolaborasi antara desa dan Universitas saling sinergi ada koin dan ada poin, makin banyak pengabdian kepada masyarakat, poin kami dalam akreditasi naik dan ini sesui dengan amanah sebagai kampus Merdeka.

Sementara itu Kepala desa Detusoko Barat, Ferdinandus Watu dalam sambutan menyampaikan desa Detusoko barat memiliki visi menjadikan Detusoko Barat Berkarakter lokal, berdaya saing untuk ekonomi mandiri berbasis pertanian dan Ekowisata dengan mengedepankan teknologi dan informasi.

Implementasi ini kata Ferdinandus sudah dituangkan dalam RPJMDES, RKPDES dan APBDES Desa dan program kita Sudah ada grand design menuju desa wisata.

“Kami memiliki program 1 Sao Ria 1 produk, 1 Dusun 1 Paket Wisata. Kehadiran Univeristas Flores tentu sangat membantu kami untuk peningkatan skill dan pengetahuan, dalam menjalankan program berbasis pertanian dan Pariwisata tentu kontribusi dari universitas sangat penting untuk pendampingan program kami di desa,” tuturnya.

Dikatakannya hari ini sebagai moment penting pendatanganan MOU anatara desa dan Univeritas Flores sebagai wujud komitment bersmaa desa membutuhkan Stakholder lain untuk pendampingan di Desa.

Sementara itu ketua Pokdariwis Nira Neni Desa Detusoko Barat, Stanislaus Satu mengapresiasi kehadiran Universitas yang keluar dari zona nyaman, istilah kampus tanpa dinding, pengabdian kepada masyarakat dengan aneka program tentu suatu yang sangat diperlukan bagi kami warga desa.

“Kami ada 20 an rumah besar dan sebagai masyarakat dan tokoh masyarakat kami siap untuk bekerja sama,” tuturnya.

Untuk diketahui acara penandatangan MOU kerja sama ini dilakukan antara Desa dan pihak universitas Flores disaksikan oleh Ketua Yapertif, dan jajaran universitas Flores, Ketua BPD desa Detusoko Barat, tokoh adat, Mosalaki Kelompok Sadar Wisata dan Warga Masyarakat.
(*OBY TANI)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed