oleh

Sempat Ditolak Warga karena Covid, Akhirnya Jenasah Dimakamkan di TPU Potu

Zonalinenews.Ende,- Melewati proses negosiasi yang panjang akhirnya jenasah yang meninggal karena Covid, oleh warga sekitar dijinkan untuk dimakamnkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Potu kelurahan Onekore Kecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende NTT.

Ijin yang diberikan tersebut dengan syarat merupakan pasien covid yang terakhir yang dikamakankam di TPU tersebut .

Salah satu warga potu berinisial AN kelurahan Onekore, kecamatan Ende tengah Senin (18/01/21) ditemui Zonalinenews menyampaikan ini pasien yang meninggal karena covid untuk yang terkhir kubur di TPU Potu.

“Kami tidak menolak kalau pasien itu meninggal karena penyakit lain.
Kami menjaga warga kami disini jangan sampai tertular apalagi ini dekat pemukiman warga,” tutur AN

Ditempat terpisah direktur rumah sakit umum Ende , dr Aries menjelaskan pasien yang meninggal karena Covid berdasarkan pedoman nasional bisa dikuburkan di pemakaman umum dan tidak akan tertular ke siapapun karena semua kita sudah melakukan sesui stadar.

” Kita akui selama ini kita kurang sosialisasi kepada masyarakat, masyarakat tidak salah jadi kejadian seperti ini wajar.
Ke depan kita akan berkoordinasi dengan tim satgas covid terkait pemakaman ini dan sosialisasi kepada masyarakat terkait cara penularannya,” ujar Aries.

Sebelumnya diberitakan warga lingkungan Potu kelurahan Onekore Kecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende NTT, menolak pasien yang meninggal karena covid untuk dimakamkan di Pemakaman Umum (TPU).

Pantauan zonalinenews, Senin (18/01/21 di lokasi ratusan warga Potu memblokade jalan menuju area pemakaman umum Katolik potu.

Salah satu warga berinisial HT saat ditemui Zonalinenews mengatakan mereka menolak bila pasien yang meninggal karena covid.

“kita menjaga jangan sampai tertular ke warga kita,”tuturnya.

Ia menambahkan pemerintah seharusnya menyiapkan tempat pemakaman khusus bukan di pemakaman umum yang dekat dengan pemukiman warga.(*Oby Tani)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT