oleh

Kunker Lima Hari, DPRD Lembata Awasi Proyek Fisik dan Non Fisik TA 2020

Zonalinenews.Com,Lembata. Seluruh Pimpinan dan Anggota Komisi di DPRD Kabupaten Lembata, melakukan Kunjungan Kerja di Dapil masing masing.

Kunjungan kerja tersebut dilaksanakan selama lima hari, sejak 20 Januari sampai dengan 24 Januari 2021.

Kunker ke 25 anggota DPRD Lembata itu difokuskan pada pengawasan pekerjaan di bidang fisik maupun non fisik Tahun Anggaran 2020 yang sudah selesai.

Kunjungan kerja tersebut sesuai dengan perintah UU No. 23 tahun 2014 tentang tiga fungsi, yakni pembentukan Peraturan Daerah, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan guna merekomendasi kebijakan untuk dilaksanakan Pemerintah atau eksekutif.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Lembata, Petrus Gero kepada Zonalinenews di ruang kerjanya, Jumat (22/1/2021).

Menurut Orang Nomor satu pada Lembaga Legislatif itu, fungsi pengawasan dilaksanakan satu persatu di setiap masa sidang.

Lebih difokuskan pada pengawasan pekerjaan di bidang fisik maupun non fisik Tahun Anggaran (TA) 2020 yang sudah selesai.

“Pengawasan terus akan berjalan dan itu juga bagaimana kita mengambil kebijakan. Misalkan, ada pembangunan sekolah, harus di lihat apakah sudah di bangun kemudian kelengkapan seperti mebel sudah tersedia atau belum dan juga pekerjaan lainnya,” tutur Ketua DPRD Lembata, Petrus Gero.

Selain itu, DPRD juga memastikan, pelaksanaa pekerjaan tepat pada waktunya atau tidak.
“Kalau tidak tepat waktu, maka kami akan memberikan rekomendasi kepada pemerintah supaya memberlakukan denda keterlambatan kepada pihak ketiga yang terlambat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya.

“Dari aspek kualitas, apakah pekerjaan itu berkualitas atau tidak. Seandainya kualitas dari pekerjaan itu kurang baik, maka kita dari lembaga akan memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk memerintahkan pihak ketiga segera memperbaiki karena pekerjaan tersebut masih dalam masa pemeliharaan,” ujar Gero.

Disebutkan, hasil dari kunjungan kerja ini semuanya akan bermuara kepada Sebuah rekomendasi dan di lakukan Paripurna sesuai bidang tugas komisi masing-masing.

“Dari hasil kunjungan kerja, kita akan lakukan rapat kerja selama tiga hari dan di lakukan oleh komisi dengan mitra OPD masing-masing, supaya mengetahui persoalan yang terjadi jika ada temuan dan lainnya. Dari hasil pembicaraan antara komisi dan mitra OPD untuk menghasilkan rekomendasi DPRD yang pada akhirnya siap untuk di paripurnakan,” tutup Ketua DPRD Kabupaten Lembata, Petrus Gero.(*RS)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed