oleh

Disuruh Jaga Kebun, Usias Manoh Nekat Tinggalkan Kampung Akhirnya Jadi Pengacara

Zonalinenews-Kupang,- Demi melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, Usias Manoh, SH yang akrab disapa Ken Manoh nekat meninggalakan kampung halamannya Desa Honuk, Kecamatan Amfoang Barat Kabupaten Kupang,NTT untuk melanjutkan sekolah.

Pria kelahiran Honuk, 10 September 1986 kepada wartawan Rabu 20 Januari 2021 menceritakan kisah hidupnya, layaknya anak kecil seusianya yang lahir dikampung, Ken kecil sering menghabiskan hari-harinya di kebun untuk membantu orang tua selepas pulang sekolah.

Singkat cerita, Ken berhasil menamatkan pendidikan sekolah dasarnya pada tahun 1998 di SD inpres Honuk. Namun, ia tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP karena keterbatasan ekonomi sehingga orang tua menyuruh Ken membantu kerja kebun.

Melihat kondisi yang dialaminya, Ken merasa gusar hati rasanya ingin melanjutkan sekolah karena pada saat itu (1998) dirinya melihat realita soaial dimana orang-orang yang berpendidikan yang paling dihargai sementara mereka yang berpendidikan lebih rendah sering diperlakukan sebaliknya atau dipandang sebelah mata.

Berdasarkan pengalaman, Ken termotivasi dan berniat melanjutkan pendidikan ke SMP apapun caranya. Tentu saja hal ini ditentang oleh orang tuanya (ayah) karena tidak mampu secara ekonomi sehingga ijazahnya disembunyikan dan disuruh untuk mengurus kebun.

Perasaan stress pun melanda karena melihat teman-teman angkatannya melanjutkan sekolah ke jenjang SMP, sementara dirinya menghabiskan waktu di kebun.

Berjalan setahun, pada tahun 1999 Ken kecil nekat lari dari rumah dan merantau ke Kota Kupang untuk melanjutkan sekolahnya tanpa membawa Ijasah dan tinggal bersama Bapak Amos Corputty bersama istrinya Ibu Yuyun Corputi di Jalan. Perintis Kemerdekaan No. 20 . Kelurahan Kelapa Lima.

Setelah tiga bulan di kota kupang, Ijasah yang disembunyikan itu ditemukan dan diantar ke kupang oleh bantuan kakaknya.

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT