oleh

Banjir Lahar Dingin Terjadi Lagi di Empat Desa Kecamatan Ile Ape Timur

Zonalinenews.Com, Lembata.- Pasca pemulangan warga Ile Ape di dua kecamatan tersebut pada 3 Januari 2020 lalu, sampai pada saat ini Gunung Ile Lewotolok masih berstatus Siaga.

Tak hanya itu, pada Jumat 15 Januari 2021 banjir lahar dingin kembali terjadi di empat desa Kecamatan Ile Ape Timur yakni Desa Jontona, Lamau, Lamawolo dan Baolaliduli pada pukul 14:30 wita.

Banjir Bandang lahar dingin terjadi dengan membawa serta Pasir batu kerikil dari arah puncak gunung ile lewotolok terus terbawa ke laut melalui jalur banjir sebelumnya.

Kejadian banjir lahar dingin tersebut disaksikan warga sekitar desa tersebut serta beberapa warga yang melintasi jalan tersebut.

Menurut salah seorang Warga di Desa Jontona, banjir ini terjadi saat hujan rintik ringan, tetapi sebelumnya memang sempat terjadi hujan lebat warga Jontona juga sempat melakukan ritual adat.

“Hari ini banjir bandang lahar dingin terjadi,”tutur SM.

Sementara itu Zonalinenews menghubungi Petugas Pemantauan di pos Ile Lewotolok Arakian membenarkan kejadian tersebut tetapi tidak menyaksikan langsung, menurut Arakian benar disampaikan warga ada banjir bandang lahar dingin di beberapa desa pada Kecamatan Ile Ape Timur.

“Kami meminta Warga tetap waspada dan tidak melakukan pendakian ke arah puncak gunung Ile Lewotolok,”tutupnya.(*RS)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT