oleh

Integrasi Program Posyandu dan Respar Yayasan FREN Gelar Pelatihan Bagi Para Kader

Zonalinenews.com, Ende – Yayasan Flores Children Development (FREN) Mitra Child Fund Internasional yang berada di Indonesia Jumat 18 Desember 2020 memggelar Pelatihan Bagi Para Kader Posyandu Desa Jegharangga Kecamatan Nangapenda dan desa Tiwu Tewa kecamatan Ende Timur Kabupaten Ende Flores NTT di Balai Pelatihan Kerja Emaus Ende.

Pelatihan ini sebagai peningkatan kapasitas para kader Posyandu agar terintegrasi Program Responsif Parenting ( RESPAR) dan Kegiatan Posyandu di desa, ungkap Frumensius Wegu selaku penanggung jawab kegiatan Life stage 1 tingkat FREN saat ditemui awak media di tempat pelatihan.

Frumen mengutarakan berdasarkan hasil advokasi yayasan FREN dengan kepala desa Jegharangga dan Tiwu Tewa banyak hal yang disepakati agar Program Respar dapat bersinergi dengan Program Posyandu di desa. Sehinga sebagai bentuk tindak lanjut dari Lokakarya Pengasuhan Responsif di Desa Tiwu Tewa dan Jegharangga beberapa bulan lalu maka hari ini 8 orang peserta para utusan kader dan Tutor PAUD desa Jegharangga 4 orang dan Tiwu Tewa 4 orang mengikuti pelatihan Peningkatan Kapasitas Fasilitator Pengasuhan Responsif Parenting.

Narasumber dari pelatihan ini adalah Maria Imelda Dupa dan Etfilgis Ata Ujan sang Fasilitator Senior yang sudah dibentuk oleh Yayasan FREN dan para Narasumber ini adalah Fasilitator Respar di Kelurahan Onelako dan desa Manulondo.

Mengapa Pengasuhan Responsif penting ? Jelas Frumen pertama ; Anak Usia dini tidak mampu memenuhi kebutuhan dasarnya untuk tumbuh dan berkembang secara sempurna, mereka membutuhkan orang lain dalam memenuhi apa yang mereka butuhkan. Kedua; waktu anak usia dini dihabiskan sebagian besar di rumah bersama orang tua ataupun pengasuh utama lainnya. Walaupun telah mengakses layanan PAUD. Ketiga; usia 0-5 tahun adalah periode Emas perkembangan otak anak, yang tidak akan terulang pada usia usia selanjutnya.

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed