oleh

Bupati Nagekeo Serahkan Hand Traktor Kepada 35 Kelompok Tani

Zonalinenews.com, – Nagekeo,- Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do, menyerahkan bantuan 35 unit Hand Traktor kepada 35 Kelompok Tani, bertempat di Gedung Pengolahan Jagung di Desa Aeramo, Kamis 17 Desember 2020
.
Turut Hadir pada kesempatan ini, Plt. Kadis Pertanian Ir. Klementina Dawo, para ketua kelompok tani utusan dari masing – masing kecamatan serta para undangan dan masyarakat Desa Aeramo.

Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nagekeo, Ir.Klementina Dawo, dalam laporan Panitianya menyampaikan data terkait Program Peningkatan penerapan teknolgi pertanian/perkebunan dengan Kegiatan Pengadaan Sarana dan Prasarana Teknologi Pertanian/Perkebunan Tepat Guna.

Kabupaten Nagekeo memiliki potensi lahan basah 11.163 ha dengan perincian lahan yang telah difungsikan seluas 7.001 ha, yang terdiri dari irigasi teknis Mbay 3.525 ha, non irigasi (tadah hujan) seluas 2.146 ha, irigasi non PU seluas 1.103 ha dan irigasi sederhana seluas 227 ha.
Irigasi teknis Mbay menerapkan IP 200 dengan produktivitas padi sebesar 3,64 ton/ha.

Pemerintah Nagekeo terus berupaya meningkatkan IP menjadi 300 dengan produktivitas 6 ton/ha pada irigasi teknis dengan menerapkan pola tanam (padi jagung-padi), kalender tanam (katam) untuk penanaman serentak dan sanitasi.

Keterbatasan alat dan mesin pertanian berupa hand tractor menjadi faktor penghambat penanaman serentak. Berdasarkan luas lahan basah yang ada , jumlah handtractor yang ideal seharusnya 1.400 unit dengan asumsi kemampuan olah per unit hand tracktor adalah 5 ha (0.5Ha/hari) dalam waktu 10 hari.

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed