oleh

Menteri Ida Fauziyah Ancam Cabut SIP3MI Bagi PJTKI yang Nakal

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah akan memberikan sangsi tegas bagi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) yang nakal atau terbukti melakukan paraktek pengiriman pekerja migran ke luar negeri secara ilegal.

Sangsi tegas yang dimaksut adalah berupa pencabutan Surat Izin Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (SIP3MI) PJTKI tersebut.

Menurut Fauziyah, jika benar – benar terbukti melakukan pemberangkatan pekerja migran ke luar negeri dengan tidak sesuai prosedur, maka PJTKI tersebut akan dicabut SIP3MI.

“Sangsi yang kita diberikan kepada PJTKI yang nakal saa ini sangat tegas,” ungkap Politikus PKB itu ketika melakukan Kunjugan Kerja ke Kanton Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) kepada media, Jumat 13 November 2020, sekira pukul 11.30 wita.

Selain itu, kata Fauziyah langkah sangsi tegas oleh Pemerintah terhadap PJTKI nakal tersebut untuk mematikan pergerakan para calo pekerja migran.

“Kita datang ke NTT ini untuk mendengar isu-isu terkait ketenagakerjaan,” jelas mantan Anggota DPR – RI periode 1999 sampi 2018 ini.

Kendati demikian, dia berharap, pekerja migran yang akan diberangkatkan ke luar negeri harus memiliki ketrampilan dari Balai Latihan Kerja (BLK) yang ada di daerah masing – masing.

“Kami bersyukur setelah berdialok dengan Gubernur NTT, Victor Bungtilu Laiskodat (VBL) yang memiliki kesamaan konsen dengan kami untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di NTT, dengan peningkatan kompetensi yang akan kami lakukan kerjasama antara Provinsi NTT dan Pemerintah Pusat.” kata Fauziyah.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat Gubernur NTT VBL akan menyerahkan BLK yang selama ini dikelolah oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT untuk diserahkan kepada Pemerintah Pusat.

“Dan komitmen Gubernur NTT, VBL akan menyiapkan SDM melalui peningkatan kompetensi itu agar menjadi tanggungjawab barsama. Sehingga ada yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan ada yang dilakukan oleh Pemprov NTT,” tutup Fauziyah. (*hayer)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed