oleh

IRT di Kupang Dapat Pelatihan Cara Buat Masker Dari FST Undana

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Sebanyak 10 orang ibu rumah tangga (IRT) di RT 001/Rw 001 Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) dapat pelatihan cara pembuatan masker yang baik dan benar, dari Program Stufu (Prodi) Teknik Mesin Fakultas Sains dan Teknik (FST) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang.

Hadir selaku dosen pembimbing pada kegiatan itu, Ketua tim Gusnawati, ST., M.Eng yang didampingi oleh anggota Muhammad Jafri, ST., M.Eng. dan Nurhayati, ST., M.T. Serta hadir pula kesepuluh peserta pelatihan tersebut.

Ketua tim pelatihan pembuatan masker, Gusnawati, ST., M.Eng kepada wartawan, Sabtu 31 Oktober 2020 mengatakan, kegiatan pelatihan masker tersebut merupakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari FST Undana Kupang.

Menurut dia, kegiatan pelatihan ini dilakukan setiap hari sabtu.

“Jadi kegiatanpelatihan ini kami sudah lakukan sejak Sabtu 17, 24 dan yang terakhir 31 Oktober hari ini,” kata Gusnawati kepada wartawan disela – sela kegiatan tersebut.

Dia mengatakan, IRT yang menjadi mitra FST Undana Kupang tersebut diberikan pengetahuan dasar tentang pemilihan bahan dasar, pola kerja, menyalin pola kain, menggunting dan menjahit pola masker hingga menjadi masker siap pake.

“Di masa New Normal ini, Masker menjadi kebutuhan setiap orang dikarenakan lama pemakaian satu masker kurang lebih 4 jam. Sehingga setiap orang mesti memiliki stok masker minimal hingga tiga buah masker dalam sehari. Kebutuhan ini tentunya menambah pengeluaran dalam keuangan keluarga. Untuk mengantisipasi hal tersebutlah salah satu alternatif adalah warga harus bisa membuat masker untuk diri dan keluarga sendiri,” jelas Gusnawati.

Peserta kegiatan, lanjut Gusnawati diajarkan cara membuat dua model masker kain, yakni model DP 26 dan model Amplop. “Untuk bahan, diberikan contoh bahan Scuba dan Katun dengan sistem tiga lapis. Dua lapis kain ditambah satu lapis berupa tisu,” ungkap dia.

Sementara itu salah satu IRT peserta kegiatan, Yanti Banfatin mangatakan, kegiatan ini sangat positif. Sebab, perseta dibekali ilmu untuk kebutuhan diri sendiri dan keluarga.

“Kegiatan pelatihan ini bisa menjadi tambahan ekonomi keluarga kita. Karena di tengah pandemi Covid – 19 ini, ilmu yyang kita dapat, bisa membawa keuntungan ekonomi bagi kami betuk dalam satu usaha,” kata dia.

Dia menambahkan, sebagai IRT, di tengah suasana pandemi Covid – 19 harus kreatif agar bisa tambahan pengahasilan keluarga.

“Ini peluang usaha yang baik. Sebab, selain pelatihan pembuatan masker kita juga diajarkan tentang pengetahuan dasar managemen keuagan keluarga,” jelas Yanti. (*hayer)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT