oleh

Anggota DPRD,Vinsen Sangu Desak Pemerintah Sediakan Dokter Untuk Puskesmas Lio Timur

Zonalinenews.Ende,- Anggota DPRD kabupaten Ende, Propinis NTT, vinsen sangu yang juga merupakan ketua komisi satu, Sabtu (7/11/20) mendesak dan meminta pemerintah kabupaten Ende segera sediakan tenaga dokter mengisi kekosongan di puskesmas Lio Timur.

Menurut Vinsen Sangu , pemerintah kabupaten Ende dalam hal ini dinas terkait harus segera menyiapkan tenaga dokter untuk puskesmas Watuneso apapun alasannya karena ini menyangkut pelayanan kesehatan bagi banyak orang, apalagi puskesmas Lio Timur itu wajah pelayanan kesehatan kabupaten Ende karena berada di wilayah perbatasan.

Dikatakan Vinsen, masih terdapat beberapa puskesmas yang tanpa Dokter,oleh karena itu dalam waktu dekat dirinya akan segera diskusi dengan teman-teman anggota DPRD untuk memanggil pemerintah dan dinas terkait untuk menjelaskan terkait
hal ini.

Semntara berdasarkan data yang dihimpun hampir lima bulan pelayanan kesehatan di puskesmas Lio Timur Watuneso Ende tanpa dokter ,ini sangat lucu karena puskesmas ini termasuk puskesmas terakreditasi utama (tipe b) dan juga merupakan wajah pelayanan kesehatan kabupaten Ende karena berada diperbatasan.

Berdasarkan laporan salah satu warga Lio Timur berinisial J kepada Zonalinenews Kamis (5/11/20) bahwa pelayanan kesehatan di puskesmas Watuneso pelayanan tanpa dokter hampir lima bulan.

“Kami kesulitan om kalau mau perikasa dan minta obat kami harus tunggu lama soalnya mereka harus telpon ke Wolowaru konsultasi dengan dokter disana,ini sangat menyusahkan kami masyarakat lio timur, kalau ada yang sakit berat dan butuh pertolongan cepat bagaimana menurut om,”tanyanya kepada Zonalinenews.

Pihak puskesmas melalui sala satu staf berinisial D saat ditemui dan diwawancarai Zonalinenews Jumat (6/11/2020) menjelaskan memang benar puskesmas Lio Timur selama ini pelayanan tanpa dokter hampir lima bulan. Dokter yang dulu sudah pulang karena dia merupakan dokter dari program nusantara sehat dan mereka masa kontrak hanya dua tahun.

“Kami sudah surati dinas kesehatan terkait kekosongan dokter namun sampai saat ini belum ada jawaban,tetapi kami tetap Maksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,sambil menunggu dokter,”tuturnya.

Terkait resep obat , kata stas beinisla D menjelaskan, pihak puskesmas Lio Timur menyampaikan untuk sementara kami masih konsultasi dengan dokter dipuskesmas Wolowaru. (*Oby Tani)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT