oleh

Sukses, Bumdes Mart Talenta Rutin Pemeriksaan Kas dan Fisik Barang Secara Berkala

-Tak Berkategori

Zonalinenews-TTS,- Menginginkan perkembangan Bumdes MART TALENTA Desa Benlutu berhasil dan berkembang setiap saat maka transparansi dan komunikasi serta pengecekan secara berkala akan kas dan fisik barang Bumdes penting dilakukan kepala desa, BPD serta tim pengawas Bumdes MART Talenta.

Untuk perkembangan Bumdes MART TALENTA, dilakukan kontrol buku kas Bumdes dan juga pengecekan terhadap barang barang yang dijual Bumdes terkait jangka waktu kadaluarsanya.

Kepada Zonalinenews Jumad 5 juni 2020, Kepala Desa Benlutu, Obed Fallo yang juga sebagai Komisaris Bumdes MART TALENTA Desa Benlutu Kecamatan Batuputih Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) saat pemeriksaan kas dan fisik barang Bumdes, menyampaikan kalau pemeriksaan ini agar barang yang dijual ke masyarakat betul betul sesuai dengan jangka waktunya.

Dan juga pemeriksaan tidak kaku pada setiap tiga bulan, namun apabila atas permintaan manager Ferdinandus Lanang atau Adi, maka kepala Desa bersama BPD dan tim pengawas akan hadir dan melakukan pemeriksaan.

Pada pemeriksaan saat ini oleh manajer menyampaikan kalau ada 10 jenis barang dengan volume bervariasi yang sudah lewat masa kadaluarsanya. Sehingga barang barang tersebut segera dimusnahkan.

Lanjut Komisaris Bumdes Obed Fallo, sejumlah barang yang sudah kadaluarsa tersebut adalah barang yang dibelanjakan pertama kali sejak bulan september 2019. Dan barang barang tersebut adalah barang yang memang tidak diminati masyarakat.

“Yang tidak laku dan sampai kadaluarsa seperti mie selera pedas, indo mie goreng dan lainnya memang masyarakat lebih suka mie soto. Sehingga barang barang tersebut otomatis tidak laku dan harus dimusnahkan,” tutur Obed.

Sebagai kepala desa dan juga komisaris Bumdes, Obed seminggu sekali kunjungi bumdes mart talenta. Ini dimaksudkan agar pengurus tidak diintervensi dalam pengelolaan Bumdes dan juga pengurus dapat berkreasi dalam pengembangan bumdes Mart Talebta.

Disampaikan Obed, khusus untuk dana penyertaan modal bagi Bumdes Mart Talenta tahun ini tidak dianggarkan karena dialihkan ke penanganan covid-19.

Namun, ada dana anggur merah sejak tahun 2014 yang masih tersimpan di bank, sejumlah 170 juta. Sehingga manager Bumdes dapat membuat permohonan kepada kepala desa (kades) sebagai dasar, kades meminta pemerintah daerah melalui Bappeda tts untuk dana tersebut dapat dicairkan dan dimanfaatkan untuk meningkatkan modal Bumdes Mart Talenta.

Manager Bumdes Mart Talenta Adi Lanang menuturkan kalau sampai saat ini Bumdes berjalan normal dan keuntungan Bumdes 12.400.000 rupiah serta fisik barang sampai saat ini hampir 100 juta. Dan terkait dengan 10 jenis barang yang sudah kadaluarsa dikalkulasi sekitar 1.5 juta, namun tidak berpengaruh terhadap modal dan kelancaran Bumdes.

Dikatan Adi, ada juga masyarakat yang beranggapan negatif dalam pengelolaan Bumdes. Sehingga selaku manager atau pengelola Bumdes, menginformasikan kepada Kades, BPD dan tim pengawas Bumdes untuk dilakukan pertemuan.

” Pertemuan juga sekaligus dilakukan pengecekan kas dan fisik barang, kapan saja dan tidak harus tiga bulan,” kata Adi.

Seperti hari ini Jumat, 5 Juni 2020, kades selaku komisaris dan BPD serta tim pengawas Bumdes Mart Talenta melakukan pengecekan kas dan fisik barang serta perkembangan Bumdes dan apa saja hambatan yang ada dan dicarikan.

“Solusinya setiap bulan juga sebagai pengelola Bumdes, dilakukan pengecekan barang sehingga barang yang akan jatuh tempo masa kadaluarsa langsung dicatat dan dipisahkan,” tutup Adi. (*Elli)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT