oleh

Potret Bocah 10 Tahun Pejuang Nasib Keluarga di Kota Bajawa

ZonalineNews, Bajawa – Bocah pejuang nasib demi mengurangi beban keluarga dengan gerobak setiap hari keliling kota Bajawa untuk jualan sayur.

Diketahui bocah berusia 10 tahun tersebut bernama Charles Ngeo beralamat RT 12, Kelurahan Ngedukelu, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada.

Charles Ngeo ternyata sudah menekuni perkerjaan tersebut sejak masih duduk dibangku kelas 1 SD. Dua kali sehari Chares Ngeo Keliling Kota Bajawa untuk berjualan.

Hal ini saya bantu mama karena masih libur.

Pagi sekitar pukul 06.00 Wita, siswa Kelas IV SD Tanalodu Bajawa itu sudah bergegas dari rumah untuk mengumpulkan keping-keping rupiah untuk dibawa pulang rumah pada sore harinya.

Lorong demi lorong, gang demi gang sang bocah lewati sambil menawarkan jualan yang disimpan dan digantung gerobak yang sudah dirancangnya.

Keringat bercucuran diwajahnya tak ia perdulikan. Ia terus mendorong gerobak dari kompleks satu ke kompleks yang lainnya.

Tak memandang apa pekerjaannya yang terpenting halal adalah sebuah prinsip hidup.

Maria Meo (37) Ibunya Charles mengatakan bahwa setiap hari sebelum berangkat untuk jualan dirinya sering pesan bahwa kita ini hidup penuh dengan kekurangan maka tidak pernah ada rasa malas, malu dan cape.

Tetap semangat untuk jual dan yang terpenting tidak mencuri.

Ketika ditanya soal keberadaan ayahnya, Maria menjelaskan bahwa suaminya sudah pergi merantau tanpa kabar dan sudah ada istri baru.

“Pergi sejak Charles masih berumur 2 tahun.

Chares Ngeo merupakan anak ketiga. Anak kedua perempuan sering bantu saya ambil sayur di pasar Boubou. Sedangkan Charles dan kakaknya berjualan keliling kota Bajawa,” ungkap Maria Meo.(*Xaver Mbula)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed