oleh

Diduga Terlibat Kontak Erat dengan Pasien 02, 22 Warga Binongko Kecamatan Adonara Tolak Rapid Test

Zonalinenews.Com,Adonara.Warga Kampung Binongko Desa Sagu Kecamatan Adonara Kabupaten Flores Timur Senin 1 Juni 2020 22 menolak untuk dilakukan Rapid test di Puskesmas Sagu.

Hal ini di sampaikan Camat Kecamatan Adonara , Ariston Colot Ola dihadapan Seluruh Petugas Medis, Satgas Kecamatan,Satgas Kabupaten serta Pihak Keamanan Polri-TNI.

Ariston mengatakan kemarin (Minggu 21 Mei 2020) pihaknya bersama Satgas Kecamatan sudah turun ke lapangan ke warga masyarakat yang ada di Kampung Binongko dan saudara lain yang Sempat berkontak

erat denganPasien 02, Sesuai dengan data dan pihaknya sudah bangun komunikasi.

“Memang awalnya ada sedikit pertanyaan beberapa hal terutama mereka merasa ada keragu- raguan soal pasien 02 ini.karena ada muncul pertanyaan bahwa mengapa begitu lama sudah dua bulan baru muncul seperti ini kan masa inkubasi 14 hari. Mereka juga pertanyakan hasil swab serta ingin melihat langsung hasil swab,” tutur Camat Adonara.

Dikatakan Ariston, setelah membangun komunikasi serta pemahaman masyarakat akhirnya sepakat untuk lakukan Rapid test hari ini,.
Tetapi kemudian tadi pagi kita dapat informasi lagi yang disampaikan oleh Pak Kades Taufiq mereka siapkan kendaraan untuk menjemput 22 Warga sesuai data yang berkontak erat dengan Pasien 02 ini.

“Kami sudah atur sampai kendaraan semua jemput ternyata mereka tidak hadir, kemudian kami telusuri ternyata mereka sudah ada pertemuan lagi malam di Mesjid bahwa di sepakati untuk tidak datang hari ini.
Sehingga dengan keadaan ini maka kami sudah komunikasi dengan Gugus Tugas Kabupaten bersama Pak Sekda saya telpon langsung bersama Kadis Kesehatan agar Tim Gugus Tugas turun kita lakukan langkah persuasif, Kalau penjelasan dari gugus Kecamatan belum dapat di percaya atau kurang jelas maka Satgas Kabupaten bisa turun langsung ke Kecamatan Adonara,”ujar Camat Adonara.

Menurut Camat Adonara Ariston, dirinya minta besok (selasa 2 Juni 2020) Satgas Kabupaten Flotim turun saja, mungkin juga harus dengan Tim yang Lengkap.

“Dari pihak kepolisian, TNI yang ada di Kabupaten bisa hadir bersama supaya kita menunjukan bahwa ini kita, tidak main-main”. Kami jalankan Protokol Kesehatan, untuk penangangan Covid-19,” tegas Camat Ariston Kesal Karena 22 Warga tak hadir ikut Rapid test.

Lebih lanjut Camat menegaskan, pihaknya sedang jalankan Protokol Kesehatan ini tidak Main-main. Dirinya berharap Tim SatGas kabupaten Turun lengkap saja biar bisa memberikan pemahaman kepada 22 Warga ini.

” Pak sekda juga katakan kepada saya selaku Camat sambil menunggu pelaksanaan Rapid test kita lakukan Lockdown Wilayah dulu bersama pihak keamanan.bisa saja Lockdown di kampung Binongko saja atau Sagu secara keseluruhan,”tutup Camat Kecamatan Adonara Ariston Colot Ola.

Pantauan Zonalinenews di Kecamatan Adonara Camat Ariston Colot Ola beserta Tim Medis Satgas Kecamatan serta Kabupaten dan bersama Babinsa Serka Saiful Rate, Kapolsek kecamatan Adonara IPDA Emanuel Belan tampak kecewa saat menunggu 22 Warga yang diduga kuat kontak erat bersama pasien 02yang menolak untuk Lakukan Rapid test. (*Ritha.S/MR)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed