oleh

Setelah Rawat PDP, Tenaga Kesehatan di RS. Cancar Jalani Rapid Test

Zonalinenews-Kupang,- Sejumlah tenaga kesehatan di Rumah Sakit St. Rafael Cancar melakukan rapid test, Sabtu 9 Mei 2020.

Rapid test terhadap tenaga kesehatan di rumah sakit itu perlu dilakukan, pasalnya, telah merawat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berinisial RD (55), alamat Tando, RT 007, RW 003, Desa Orong, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat.

Demikian disampiakan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai Lodovikus Demung Moa.

Kepada Zonalinenews, Senin 11 Mei 2020 ia menjelaskan, para tenaga medis yang telah menjalani rapid test tersebut pernah melakukan kontak erat dengan pasien PDP yang kini sedang diisolasi di RSUD Ben Mboi Ruteng.

“Total petugas dan tenaga kesehatan di RS St. Rafael Cancar yang pernah kontak erat dengan PDP berjumlah 40 orang. Dari total 40 petugas dan dan tenaga kesehatan, 14 orang diantaranya sudah dilakukan Rapid Test, dan hasilnya Non Reaktif. Masih tersisa 26 orang yg menunggu untuk dilakukan Rapid Test,” jelas Moa.

Pelaksanaan rapid test itu sedikit mengalami kendala disebabkan minimnya ketersedian alat rapid test (ART) di Rumah Sakit St. Cancar.

“ART hanya berjumlah 28 buah, sementara kebutuhan alat rapid test tidak sesuai dengan jumlah petugas dan tenaga kesehatan yang akan dilakukan rapid tes yakni sebanyak 40 orang” urainya.

Untuk mengatasi persolan ini, kata Moa, dalam waktu dekat akan dilakukan rapid test kepada 12 orang petugas kesehatan.

Meskipun demikian,’ungkapnya, petugas kesehatan di Rumah Sakit St. Rafael Cancar yang pernah kontak langsung dengan PDP, baik yang sudah dilakukan rapid test maupun yang belum, tetap menjalankan isolasi secara mandiri selama 14 hari di rumah sakit dan di rumah masing-masing.(*Kons Hona)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed