oleh

Polres Matim Dalami Dugaan Tilep Uang Milik CV. Wira Citra Pratama

Zonalinenews-Manggarai,- Teka-teki dugaan penilepan uang milik CV. Wira Citra Pratama yang diduga dilakukan oleh mantan Kepala Desa Golo Mangun, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, Remigius Danus berbuntut pada persoalan hukum.

Kapolres Manggarai Timur, AKBP Nugroho Arie Siswanto melalui Kasat Reskrim Deddi Seprianus Karamoi menjelaskan, pihaknya sementara mendalami fakta terkait kasus dugaan penggelapan uang itu.

“Kt (kita) sementara mendalami fakta-fakta kae (kakak)” ungkapnya melalui pesan WhatApp yang diterima Zonalinenews, Minggu 31 Mei 2020.

Lebih jauh ia menuturkan, penyidik Polres Manggarai Timur sudah melakukan pemeriksaan kepada para pihak. Namun, situasi Covid-19 yang menjadi kendala selama ini.

“Pasti sdh (sudah) adik ku, krn (karena) Covid jg (juga) jd (jadi) kendala,” terangnya.

Sebelumnya diberitakan Zonalinenews,
Mantan Kepala Desa Golo Mangun, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, Remigius Danus diduga menilepkan uang ratusan juta milik CV. Wira Citra Pratama.

Direktur CV. Wira Citra Pratama Willybrodus Haryono Ridar, Sabtu 30 Mei 2020, ia mangatakan, Remigius diduga telah menggelapkan uang senilai Rp. 310.000.000, namun jumlah ini belum dipotong dengan pajak galian C untuk pekerjaan Lapen di desa itu.

“Jika dipotong dengan pajak galian C maka estimasi uang yang belum dibayar ke CV Wira Pratama sekitar Rp. 275.000.000,” urainya.

Kepada Zonalinenews, pria yang disapa Willy ini mengungkapkan misteri uang yang diduga digelapkan oleh sang mantan Kades Golo Mangun itu.

Ia berkisah, CV miliknya telah menjalin kerja sama dengan Desa Golo Mangun untuk peningkatan jalan Lapen Wae Magil dan Wae Tua dengan pagu anggaran sebesar Rp.758.739.373.

Pihaknya, kata dia, telah menyelesaikan seluruh pekerjaan sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang diberikan oleh sang mantan Kades Remigius Danus.

“Sampai pekerjaan selesai, jumlah pembayaran yang kami terima hanya sebesar Rp. 400.000.000. Berdasarkan catatan kami, mantan Kades Golo Mangun ini juga telah meminjam sejumlah uang kurang lebih Rp. 66.800.000 untuk keperluan pribadinya,” ungkap Willy.

Untuk melunasi pembayaran kepada CV. Wira Citra Pratama, kisah Willy, dia (Remigius) berjanji akan melakukan pembayaran setelah pencairan dana desa tahap ketiga. Namun faktanya, janji sang mantan kades ini tidak terealisasi.

“Sebelum proses pencairan tahap ke 3, Remigius Danus kalah dalam pemilihan kepala desa di desa Golo Mangun. Berkali-kali kami mendesak untuk melunasi pembayaran namun hanya tinggal janji. Tidak ada realisasi dari Remigius Danus. Sekitar pertengahan Desember kami mendapat kabar dari Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Golo Mangun, bahwa untuk pembayaran pekerjaan Lapen Desa Golo Mangun telah cair seluruhnya pada pencairan tahap ke 2. Dan untuk mengelabui penggelapan dana pekerjaan kami yang belum terbayar, Remigius Danus diduga memalsukan tanda tangan saya di kwitansi penerimaan uang yang merupakan LPJ tahap 2 desa Golo Mangun,” kisahnya.

Menurut dia, sampai saat ini sisa pembayaran pekerjaan belum ada kejelasan. Ia menilai, mantan Kades ini tidak ada niat untuk melunasinya.

Oleh sebab itu, sambungnya, atas perbuatan melawan hukum Ini, Remigius secara resmi dilaporkan di Polres Manggarai Timur Kamis 19 Maret 2020 lalu.

“Kami sudah melaporkan secara resmi ke Polres Manggarai Timur untuk selanjutnya dapat diproses sesuai dengan hukum yang berlaku” tukasnya.

Terhadap kasus ini, Kasat Reskrim Polres Manggarai Timur Deddi Seprianus Karamoi ketika dihubungi berkali-kali melalui via telphone seluler dan WhatsApp belum memberikan tanggapan.(*Kons Hona)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed