oleh

Pemerintah Segera Melakukan Verifikasi dan Validasi Data Penerima BST

Zonalinenews-TTS,- Polimik Bantuan Sosial Tunai (BST) covid-19, oleh pemerintah daerah telah menindaklanjuti dengan segera melakukan penataan kembali data penerima BST baik itu yang bersumber dari APBN maupun APBD Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) serta APBD Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Kepala Dinas Sosial (Kadis) TTS, Nikson Nomleni, kepada Zonalinenews hari Senin 11 Mei 2020 menyampaikan warga miskin yang belum dapat bantuan segera didata sehingga dapat diikutkan sebagai penerima BST pada tahap berikut.

” kita segera melakukan pembenahan dan validasi data kembali sehingga betul-betul pada tahap berikut tidak lagi terjadi kecolongan,” tuturnya.

Diakui Nikson, pada awal pendataan usulan terhadap 10.000 target penerima BST oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) hanya diberi waktu 2 hari untuk melakukan verifikasi data dan validasi dari kuota yang diberikan kementrian Sosial (Kemensos) untuk TTS dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Oleh pemerintah daerah kata Nikson, mengusulkan 7000 calon penerima dan terhadap persoalan khususnya di kelurahan niki-niki juga telah diklarifikasi bersama forkompinda bersama bupati.

Menurut Nikson, hari ini masyarakat yang sudah berinisiatif diri dan mengembalikan BST sebesar 600 ribu rupiah di kelurahan niki-niki kecamatan Amanuban Tengah, karena menganggap dirinya mampu dan tidak layak untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Kadis Nikson Nomleni memberi apresiasi kepada masyarakat yang atas kesadaran dirinya dan merasa mampu, berinisiatif diri untuk mengembalikan BST yang diterimanya. Sehingga ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat yang lain.

“Akan memudahkan pemerintah dalam melakukan validasi data kembali bila masyarakat terbuka dan menyampaikan sesuai kondisi sebenarnya pada saat ini. Dimana bersamma sama harus saling jujur dan terbuka sebagai bagian ikut serta mendukung upaya penerintah membantu masyarakat saat terjadinya pandemi covid19,” tutur Nikson.

Dikatakannya pemerintah terus melakukan penyisiran kembali saat ini dan melakukan verifikasi kembali dan perlu partisipasi bersama yang tulus sehingga betul betul data sesuai yang diharapkan sehingga tidak lagi meresahkan masyarakat pada penyaluran BST tahap berikut. Tutup Nikson. (*Elli)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed