oleh

Herlemus Geram Privasi Data Pasien Positif Covid-19 Bocor di Medsos

Zonalinenews-Sikka,- Privasi data yang sebenarnya menjadi rahasia untuk khalayak ramai akhirnya terbongkar juga dan menjadi komsumsi publik.
Hal ini yang terjadi di Kabupaten Sikka, NTT dimana data privasi mengenai pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 terbongkar dan tersebar luas di Media Sosial (Medsos).

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus mengatakan dirinya kaget, data ini keluar darimana.?, “
Data yang dikirim dari Propinsi langsung ke saya, saya tidak mengerti kenapa ada data yang detail sekali mengenai rekam medik pasien positif Covid-19 yang tersebar luas di medsos,”sebut Herlemus penuh tanya.

Herlemus menambahkan biarkan gugus tugas dan tenaga medis bekerja dalam diam untuk pendekatan persuasif terhadap keluarga pasien positif Covid-19.

” Kita tidak sampaikan seluruhnya karena psikologi masyarakat Kabupaten Sikka lagi terganggu dengan masalah ini, yang kita takutkan ketika kita buka semuanya masyarakat akan bereaksi anarkis dan diskriminatif,”jelas Herlemus.

Herlemus yang ditemui di Posko Covid-19 Kabupaten Sikka pada Jumad, 15 Mei 2020 juga menyampaikan kemarin positif Covid-19.

“Hari ini kita gerak cepat lakukan tracking (pelacakan), itu artinya upaya melindungi keluarga korban dari hal-hal yang tidak kita inginkan, jadi sebenarnya ada batasnya, ada privasi pasien yang tidak boleh dibocorkan.
” Kalau kita yang sehat ini aman-aman saja, bagaimana kalau kita yang kena baru data diri kita dibuka? ,” sebut Herlemus
.

Hal ini juga yang akan menghambat Tim Gugus dalam melakukan tracking terhadap keluarga pasien Covid-19 di berbagai tempat karena mereka bisa bepergian ke tempat lain setelah mendengar bahwa Tim Gugus Tugas akan turun ke lokasi mereka.

“Kalau dia sudah tahu informasi dan pergi ke kebun atau kemarin di Nangahale setelah dengar informasi, pagi-pagi langsung kabur ke pulau, itu yang buat kita rugi semua, buat beban tenaga kesehatan untuk memburu mereka,” tegas Herlemus.

Herlemus juga mengharapkan agar hal ini kembali kepada diri kita sendiri dan menjadi evaluasi bersama, sementara itu beliau juga meminta agar kita semua tetap bekerja sama untuk membantu tenaga kesehatan dalam proses penelusuran rekam jejak keluarga pasien Covid-19 yang ada di Kabupaten Sikka.(*Erick/Edotir MR)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed