oleh

ACEH TENGAH DILANDA BANJIR BANDANG

-Tak Berkategori

ZONALINENEWS.COM- ACEH TENGAH,-Hujan deras yang menguyur Aceh Tengah dan sekitarnya, menyababkan banjir bandang yang menerjang kawasan penduduk Paya Tumpi, Kecamatan Kebakayan, Aceh Tengah Rabu, 13 Mei 2020 sekitar pukul 14.00 WIB.

Warga Desa Paya Tumpi, Terkejut dengan datangnya Air bah tiba-tiba menerjang dan membawa muatan berupa material kayu dan sampah serta mobil, menuju ke permukiman dengan kecepatan yang sangat luar biasa.

Menurut salah seorang warga, Pajri, mengatakan, banjir bandang terjadi secara mendadak dengan kekuatan yg sangat dahsyat! karena muatannya berupa bongkahan batu, kayu, dan lumpur yang turut terbawa bersama aliran dari arah hulu, sehingga ssangat merusak dan menghancurkan apa saja yang di laluinya. 

Menurut Pajri,Banjir bandang ini dalam beberapa aspek mirip dengan tsunami, Pajri, mencoba menghitung, tekanan yang ditimbulkan oleh banjir bandang ini setara 1,5 ton bagi tiap meter persegi bidang yang diterjang, dengan anggapan kecepatan aliran airbah-nya 18 km/jam,” Ungkapnya.

Dirinya menambahkan,Kedatangan Air bah ini diduga ikut menghanyutkan rumah di kawasan permukiman desa paya Tumpi,dikawasan pemukiman penduduk desa paya Tumpi mengenai rumah yang hanyut belum bisa di pastikan berapa jumlah nya.(*Tim/T Bahar)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT