oleh

Dilanda Corona, Peringati HUT Kota Kupang Tahun Ini dengan Momen Refleksi

ZONALINENEWA.COM – KUPANG, Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kupang ke-123 serta hari jadi daerah otonomi yang ke-24 saat ini sangat berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Sebab, memperingati hari jadi Kota Kupang tahun ini di tengah pandemi Virus Corona atau Covid – 19. Namun walau tak semeriah tahun – tahun sebelumnya, kali ini Pemkot Kupang gelar kegiatan memperingati HUT Kota Kupang dengan cara berbeda, yakni dengan pembacaan refleksi oleh Wali Kota Kupang Jefry Riwu Kore yang didampingi oleh Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man di Ruang Garuda Balai Kota Kupang, Sabtu 25 April 2020.

Hadir saat kegiatan tersebut, Penjabat Sekda Kota Kupang, para Asisten Sekda serta beberapa pimpinan OPD dan Ketua TP PKK Kota Kupang, Hilda Riwu Kore, Manafe. Hadir pula Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang, Yeskiel Loudoe dan Wakil Ketua DPRD Kota Kupang, Padron Paulus dan Kristian Saeketu Baitanu serta Anggota DRPD Kota Kupang.

Wali Kota Kupang, Jefry Riwu Kore, saat membacakan sambuta refleksi tersebut dia mengatakan bahwa, peringatan hari jadi Kota Kupang saat ini sebagai wujud penghargaan terhadap sejarah daerah.

“Kita adalah produk sejarah, tanpa adanya perjuangan para pendahulu yang bersumbangsih melalui tindakan dan gagasan, maka kita tidak dapat menikmati kemajuan Kota Kupang seperti saat ini,” ungkap dia.

Menurut Jefry, Pemkot Kupang saat ini terus giat mengupayakan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program pro rakyat sebagai perwujudan visi dan misi Kota Kupang sebagai kota yang layak huni, cerdas, mandiri dan sejahtera dengan tata kelola bebas KKN.

Dia mengungkapkan, selama masa kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota Hermanus Man, peningkatan infrastruktur yang ramah lingkungan dan berkelanjutan melalui peningkatan kapasitas jalan yang pada tahun 2019 lalu dikerjakan sepanjang 31.547 meter, pembangunan bronjong kali sepanjang 3.764 meter, penataan ruang terbuka hijau, pengadaan 4.500 unit bola LPJU listrik PLN, seribu titik lampu hias taman, perluasan jaringan sebanyak 1.150 titik, 5 paket lampu hias taman model bunga, sasando, sepe dan kelapa serta pengadaan Sollar Cell sebanyak 550 buah.

Selain itu ada juga peningkatan fasilitas pengelolaan persampahan berupa dua unit mobil penyapu jalan, satu unit mobil dump truk, satu unit mobil mini amroll serta rehabilitasi tempat pembuangan akhir.

“Pemkot Kupang saat ini juga sudah melakukan peningkatan perekonomian, akses pelayanan perizinan dan penciptaan lapangan kerja melalui alokasi dana PEM sebesar Rp 37.341.000.000 dengan jumlah penerima hingga tahun 2019 sebanyak 16.749 penerima dan dana yang telah digulirkan mencapai Rp 102. 227 .650.” kata Jefry.

Upaya Pemkot Kupang dalam peningkatan kualitas diwujudkan, lanjut dia melalui pemberian tunjangan profesi guru dan tunjangan tambahan penghasilan guru, pengadaan sarana dan pra sarana belajar.

Selain itu Pemkot Kupang juga telah membagi seragam sekolah kepada para siswa mulai dari TK, SD/MI hingga SMP/MTs dengan alokasi anggaran sebesar Rp 6.448.500.000 serta biaya transport bagi pendidik dan tenaga kependidikan tidak tetap dengan masa kerja lima tahun ke atas. Sementara, di bidang kesehatan Pemkot Kupang bekerja sama dengan BPJS telah mengintegrasikan peserta program JKD menjadi JKN-KIS untuk masyarakat Kota Kupang sebanyak 6.766 jiwa.

“Untuk peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat, Pemkot Kupang telah menyalurkan BPNT (kini disebut program sembako nasional) kepada 14.408 KPM dan BPNTD kepada tiga ribu KPM serta bantuan raskin plus kepada 20.130 KPM,” jelas Jefry.

Dia menambahkan, dalam rangka meningkatkan toleransi dan kerukunan suku, agama, ras dan antar golongan, diwujudkan melalui fasilitasi keberangkatan 250 orang calon jamaah haji dan serta pelaksanaan hari raya keagamaan semua agama di wilayah Kota Kupang.

“Di tahun 2020 ini sejumlah program akan ditingkatkan seperti penambahan jumlah penerima bantuan sembako nasional menjadi 3.351 KPM sehingga totalnya menjadi 17.759 KPM, beasiswa bagi tiga ribu mahasiswa dan bantuan seragam serta peralatan sekolah berupa alat tulis, buku dan tas bagi 60 ribu siswa SD hingga SMP. Di tahun 2020 ini juga Pemkot Kupang akan memberi bantuan pembiayaan uang muka perumahan bagi 500 KK dan bantuan bedah 146 rumah,” papar dia. (*hayer)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT