oleh

344 Kubik Sampah Rumah Tangga per Hari Di Kota Kupang

Zonalienews-Kupang,- Sampah rumah tangga yang dikumpulkan oleh petugas sampah Dinas Kebersihan Kota Kupang sebanyak 344 kubik (Truk)  per hari. 344 kubik ini diangkut  setiap hari oleh 43 armada pengangkut sampah di 348 lokasi tempat pembuangan sampah  Sementara (TPS)  di Kota Kupang yang tersebar di 51 kelurahan  dan langsung di buang ke tempat pembuangan akhir sampah (TPA) Kota Kupang di Kecamatan Alak.

obed kadja oke

 

 

Setiap armada dalam sehari mampu mengangkut  6-8 kubik sampah per hari dengan jumlah personil setiap armada 5 anggota kebersihan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Kupang, Drs.Obed D.R Kadji , Senin  19 Mei 2014. Pukul 09.30 wita di kator Walikota Kupang.

Menurut Obed , 344 Kubik per hari sampah  sangat banyak sekali di kota kupang, dan belum lagi sampah yang berada di lorong-lorong  jalan yang tidak di simpan di tempat penbuangan sampah sementara (TPS) di Kota Kupang , ketika masyarakat menyampaikan bahwa ada penumpukan  sampah lewat  telepon ke kantor,maka petugas kebersihan langsung mengangkutnya. Padahal jumlah personil petugas kebersihan dan armada  truk pengangkut sampah di Kota Kupang sangat terbatas, karena Pendapatan Asli Daerah  Kota Kupang terbatas maka sampai saat ini armada juga masih terbatas , tapi sebagai pemerintah dan kepala Dinas Kebersihan dirinya tetap optimis untuk membersihkan sampah di kota kupang dengan keterbatasan yang ada.

Obed menghimbau kepada masyarakat kota kupang untuk mengurangi penumpukan sampah di tempat penampungan akhir sampah (TPA) di kota kupang dengan cara mengelompokan sampah berdasarkan jenis sampah, organik dan non organik, sehingga sampah organik bisa diolah menjadi pupuk (kompos) sedangkan sampah non organik diolah menjadi barang daur ulang , yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat serta mengurangi tumpukan sampah.

“ ini bisa berjalan kalau semua masyarakat sadar , dan disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan mengelompokan sampah dan jangan buang sampah di sebaranag tempat,” ujar Obed Kadja

Sementara Dinas kebersihan kekurangan armada untuk mangatasi masalah di Kota Kupang, Walikota Kupang Jonas Salean dan Wakil Walikota Kupang, Herman Man pada saat  pertemuan dengan   Pempinan redaksi media desk Pemerintah Kota Kupang Rabu 14 mei 2014 di restorant Celebes  , menjelaskan bahwa Walikota dan Wakil Walikota Kupang saat ini (hari rabu lalu) sudah mengunakan mobil dinas Fortuner, alasan  pengunan mobil fortuner karena mobil ini bisa menjangkau medan di Kota Kupang yang sulit mobil Dinas sebelumnya, (*rusdy)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed